Sejarah Bisnis Yesung

January 30, 2014 at 8:29 am | Posted in Yesung | Leave a comment
Tags:

BABTOLS

Babtols dibuka pada tanggal 11 Desember 2009

Sebelum membuka babtols , Yesung mempromosikan babtols dulu melalui akun cyworldnya.

Babtol adalah sebuah restaurant yang dibelikan Yesung untuk orang tuanya dan dijalankan  oleh orang tua Yesung . Babtols terletak di Hongdae, Seoul. Pada awalnya Babtols dimiliki oleh Park KyungRim (MC terkenal ). Tapi toko sudah tutup selama 5-6 bulan. Dan pada 11 Desember Yesung membuka restaurant tersebut. Dan babtols merupakan usaha waralaba , yaitu kerja sama dalam suatu usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan.

Babtols sebenarnya adalah restaurant ala francis , akan tetapi di babtols tidak hanya menyediakan makanan ala perancis saja, beberapa makanan tradisional korea juga tersedia. Harga makanan yang dijual dibabtols tidak terlalu mahal, harganya berkisar 4000 won – 7000 won . kalau dirupiahin mungkin sekitar 32.000-56.000 rupiah. Banyak pengunjung babtols yang bilang jika makanan di babtols itu sangat enak.

Babtols di dekorasi dengan sangat bagus dan sangat menarik. Di babtols banyak sekali foto-foto member super junior terutama fotonya yesung yang ditempel didinding babtols. Foto member super junior lengkap + tanda tangannya juga ada dibabtols. Tak jarang beberapa artikel tentang super junior juga ditempelkan didinding babtols. Dibabtols juga menyediakan kertas dan pulpen untuk para fans yang ingin meninggalkan pesan untuk yesung yang bisa ditempelkan didinding babtols.

Jika pengunjung akan pergi ke kamar mandi di babtols, maka saat akan membuka pintu kamar mandi maka pengunjung akan melihat kunci kamar mandi dengan gantungan boneka kura-kura hijau. Jika bukan fans yesung pasti nggak ngerti kenapa kuncinya pake gantungan kura2, tapi kalau fansnya yesung pasti tahu. Yesung dikenal dengan sebutan turtleman dan memiliki peliharaan kura-kura, mungkin itulah alasannya gantungan kunci kamar mandi di babtols pake gantungan kura2.

Beberapa member super junior juga kadang mengunjungi seperti ryeowook,kyuhyun,heechul,shindong ,zhoumi,donghae, leeteuk dan eunhyuk

Beberapa fans yang beruntung saat datang ke babtols mungkin bisa berfoto bersama orang tua Yesung. Bahkan bis berfoto sama Yesung dan meminta tanda tangan Yesung.

Pada 5 Mei 2011 , Yesung yang saat itu menjadi DJ pengganti di SUKIRA ngomomong kalau hari ini adalah hari terakhir dari babtols. Yesung menutup babtols karena tidak tega melihat orang tuanya bekerja terlalu keras mengingat orang tuanya sudah tua. Setelah menutup babtols, Yesung membuka sebuah coffe shop dengan brand “Handel & Gretel” yang juga toko dibawah label perancis

HANDEL AND GRETEL

Handel and Gretel dibuka tanggal 26 Juli 2011.

Nama Handel & Gretel terbentuk dari singkatan HANdmade, DELicious, GREat friend, TELl and chatter. Handmade  berarti semua makanan dan minuman di toko ini dibuat langsung dengan tangan, bukan kemasan pabrik. Sandwich dan kopi serta makanan lainnya diklaim delicious (enak) dan sehat. Terakhir, Handel & Gretel diharapkan menjadi tempat yang nyaman untuk ngobrol (tell and chatter) dengan teman-teman yang hebat (great friend). Alasan Yesung membuka handel and Gretel salah satunya juga karena Jongjin sangat tertarik menjardi barista alias peracik kopi. Dan jongjin pun dijadikan manajer di H&G.

Dan yang bikin H&G keren, coffee shop ini beda sama Babtols yang sangat sulit ditemukan, H&G sendiri berdiri tepat dekat dengan KBS building (channel Korea yang terkenal) terletak di kawasan kelas atas Yeouido . Sehingga H&G paling rame dikunjungi pada saat jumat malam ketika ada acara Music Bank. kedai kopi Handel en Gretel ini masuk dalam list kuliner sebagai tempat hang out di Korea yang wajib dikunjungi bila kita travelling 48 jam di Seoul

Makanan dan minuman yang dijual di Handel and Gretel berbeda dengan babtols, menu dari H&G antara lain berbagai macam minuman, kopi, the, sandwitch, dan makanan penutup (dessert). Harga untuk minuman di H&G berkisar  2500 won – 4000 won. Lebih murah daripada harga di Babtols. Ternyata Harga makanan dan minuman di H&G Yesung dijual lebih murah dari outlet lain.. handel & gretel adalah usaha franchise yang memiliki beberapa cabang lain, tidak hanya yesung yang punya warung kopi dengan nama tersebut. Saat ingin membuka Handel & Gretel, yesung secara pribadi menanyakan kepada perusahaan utama Handel & Gretel, apakah dia bisa membuka toko tersebut dengan syarat barang-barang yang dijual lebih murah dari harga aslinya.  Alasan yesung mengajukan itu adalah karena dia tau akan ada banyak sekali fans yang datang kesana. Dan Yemom bilang walaupun Handel & Gretel milik yesung menjual produk dengan harga lebih murah, bukan berarti produk-produk itu murahan mereka tetap menggunakan produk yang sama dengan kualitas Handel & Gretel yang asli.

Yesung sering ke H&G untuk membantu orang tuanya jika dia sedang tidak ada pekerjaan. Di sana Yesung jadi kasir . oleh karena itu H&G pengunjungnya 70% Fangirl Yesung. Disana para fans bisa mengambil foto Yesung ataupun merekam Yesung ketika sedang melayani pembeli, asalkan tidak memakai kamera yang flashnya hidup karena cahaya flash sangat mengganggu ketika Yesung bekerja.Artis – artis korea juga sering numpang beli kopi di H&G.

Saat sedang melayani pembeli , Yesung sering ngajak ngobrol sama pembeli (bisa dibilang fangirl juga) dan jika dimintai salaman juga mau. Kadang yesung tidak melayani memberi tanda tangan pada pembeli, tapi jika sedang berbaik hati yesung pasti mau memberi tanda tangannya.

Dekorasi  ruangan H&G tidak jauh berbeda dengan babtols, didinding H&G tertempel berbagai macam foto Yesung dan Super Junior. Sayangnya , H&G memiliki ruangan yang sempit. Sehingga jika sedang rame pembeli, tidak jarang pembeli harus mengantri diluar. Oleh karena itu Yesung memutuskan menutup H&G karena Yesung tidak tega melihat para pembeli ataupun fans yang mengantri diluar untuk membeli di H&G. Dan Yesung pun membuka coffe shop yang baru ditempat yang berbeda yang mempunyai tempat yang lebis luas. Sehingga pembeli tidak perlu mengantri sambil kedinginan. Coffe shop tersebut adalah Mouse and Rabbit .

MOUSE AND RABBIT

Mouse and Rabit (Mobit) dibuka pada tanggal 11 November 2012 bertepatan dengan pepero day di korea (seperti hari valentine, tapi coklat diganti dengan pepero).

Coffee shop Mouse and Rabbit ini adalah coffe shop yang didirikan oleh Yesung sendiri. Tidak seperti babtols dan H&G yang adalah brand dari perancis. Nama mouse and rabbit sendiri diambil dari shio Yesung dan Jongjin. Yesung dengan shio tikus dan Jongjin dengan shio kelincinya. Sehingga terbentuklah kata Mouse and Rabbit.

Mobit ini memiliki tempat yang cukup luas dan terdiri dari 3 lantai yaitu lantai bawah tanah,lantai 1 dan lantai 2.  Sehingga para pengunjung tidak perlu mengantri diluar jika Mobit sedang rame. Tapi pas waktu yesung mau wamil, mobit mendadak jadi rame banget mengakibatkan antrian panjang diluar mobit. Tata ruang Mobit didesain oleh Yesung dan Jongjin, tempatnya nyaman dan bersih dan juga di Mobit disediakan wifi dengan password “08487”.

Menu yang dijual di Mobit tidak jauh-jauh dari menu yang dijual di H&G dulu, seperti coffe,the,smoothies,juice,dessert dll. Selain menjual makanan dan minuman, di Mobit juga menjual berbagai merchendise Mobit yang didesain oleh Yesung dan Jongjin sendiri antara lain tumblr (tempat minum), mug , dan momot (paper toys). Di mobit, jika pembeli sudah membeli 10 minuman maka akan mendapatkan 1 minuman gratis.

Nggak jauh beda sama di H&G, Yesung sering pergi ke mobit pas waktu luang dan jadi kasir disitu. Para fans juga boleh ngambil foto-foto atau merekam yesung. Tetapi setelah yesung wamil, hal tersebut dilarang dilakukan.

Menurut saya , keamanan di mobit itu kurang. Karena Mobit pernah mengalami pencurian. Si pencuri merusak kaca depan mobit dan mengambil barang-barang yang ada di kasir.

Sampai sekarang , Mobit masih dibuka. Belum ada rencana dari yesung untuk menutup dan mengganti mobit dengan coffe shop lain. Jadi buat para fans, masih bisa berkunjung ke sini.

WHYSTYLE

Whystyle dibuka pada tanggal 29 Februari 2012. Whystyle terletak di myeongdong.

Whystyle adalah toko kacamata yang dihadiahkan Yesung untuk ayahnya. Yesung menghabiskan dana sebesar 189 juta won atau sekitar 1,5 M untuk membuat WHYSTYLE. Nama “WHYSTYLE” mempunyai moto “why not why style?”. Kata “why” dalam whystyle pengucapannya sama sengan huruf “Y” jadi whystyle kadang ditulis dengan Ystyle. Tentu saja huruf Y tersebut berarti Yesung.

Pengerjaan WHYSTYLE dilakukan oleh yesung sendiri (design interior), Jongjin  (manajemen), Leo jeong sepupu yesung+teman baik jongjin (design promotion) & Lee Sejun kerabat yesung (sebagai penasihat).

Yesung sering mempromosikan whystyle melalui selca yang diupload diakun twitternya. Tidak jarang teman-temannya di Super Junior juga dijadikan sebagai model promosi kacamata whystyle.Bahkan yesung mempromosikan whystyle di MV repackage 6jib “SPY”.  Selain itu member SNSD dan TVXQ juga ikut berpartisipasi menjadi model promosi. Artis-artis korea lain juga ada yang membeli kacamata whystyle ini, seperti Suzy ,pendatang baru N.CA dan Park Shi Hoo.

Selain menjual kacamata whystyle juga menjual asesoris lain seperti gelang,gantungan hp, casing hp, kaca dll . Whystyle selalu mengeluarkan produk baru yang limited edition dihari ulang tahun Yesung.

Whystyle itu selalu ramai jika Yesung datang. Yesung lebih sering ke Mobit daripada ke Whystyle.

Epilog :

Yesung itu selalu memikirkan para fans walaupun dia sedang berbisnis. Produk2 yang dijual Yesung itu selalu terjangkau untuk fans, lihat saja harga makanan dan minuman yang dijual di babtols,H&G dan Mobit . dengan kualitas makanan yang enak dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Kalau untuk produk di WHYSTYLE itu sih memang harganya sedikit wooww ,tapi memang karena barangnya bagus yaw ajar kalau mahal.

Yahhhhhh.. itulah sejarah bisnis yang dirintis oleh Yesung walaupun kadang buka tutup buka tutup toko. Semoga bisnis yang dirintis Yesung akan selalu ramai dan berkembang.  

Upload and Share by Little DeviArchiepool

@little_jongwoon

ingin membaca “Sejarah Bisnis Yesung” plus dengan fotonya ada disini https://www.facebook.com/notes/little-deviarchiepool/sejarah-bisnis-yesung/677538765602397

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

3rd Album Waiting, Still Kyuhyun

We are Ever Lasting Friends

Korean Chingu

Like Korea Love Indonesia ^^

WorldWideELFs

Let's spread our love together

Clouds INDONESIA

Spread Yesung's ♡ in Bahasa Indonesia

ClouDevYesung^^

This wordpress is dedicated to the word biggest boy band Uri Superman Uri Oppa Uri Angel Super Junior

%d bloggers like this: